Sabtu, 29 Januari 2011

how the cheapest way to go to bali

saya akan membagikan pengalaman kepada anda tentang bagemana cara yang murah namun tetap nyaman untuk mencapai bali dengan berbagai moda transportasi

1. Plane
Bandara Ngurah Rai sebagai bandara internasional yang melayani ribuan penerbangan setiap bulannya, sebagai pintu utama para pelancong dari seluruh dunia, kabarnya bandar udara ini merupakan tersibuk kedua setelah bandar udara soekarno hatta di indonesia.Untuk menuju ke berbagai tempat melalui bandara ini kita di kenai charge 30 ribu untuk national dan 150 ribu untuk internasional. banyak maskapai penerbangan yang melayani rute menuju bali dengan harga terjangkau.perjalanan dr jakarta menuju bali kurag lebih memakan waktu 1 jam penerbangan. beberapa maskapai penerbangan murah yang saya sarankan ;
  • Lion air ,Batavia air, Sriwijaya air, harga tiket yang pernah saya dapat adalah 350rb sekali terbang dari jakarta.
  • air asia ,teman saya dapat harga 180rb one trip,sebagai the best low cost airlines,air asia merupakan pilihan favorite penerbangan saya.namun pastikan anda booking jauh hari untuk mendapatkan tiket murahnya.berlangganan mailist nya supaya tidak ketinggalan promonya. klik www.airasia.com
  • citylink , untuk anda yang tidak sempat booking tiket jauh jauh hari, mungkin maskapai ini menjadi pilihan yang sangat membantu, sebagai anak perusahaan dari garuda indonesia yang terkenal dengan pelayanan berkelasnya,kadang kita bisa mendapatkan harga tiket 326rb untuk penerbangan esok lusa.untuk cek harga tiket silahakan klik www.citylink.com

pengalaman yang paling mengesankan ketika detik detik pendaratan ke bandara ngurah rai karena  kita seperti mendarat di atas laut.bagi yang baru  pertama kali mungkin hal ini akan sedikit membuat sport jantung namun jangan khawatir karena sebenarnya landasan pacunya berada condong menjorok ke laut..:)
its very nice!

2. overland
Untuk anda yang gemar traveling overland (seperti saya), saya akan membukakan rahasia saya bisa ke bali hanya dengan 116,5 ribu rupiah saja dari jakata, tentunya akan berbeda jika anda mengawali perjalananya dr tempat lain , namun jika anda dari jawa saya yakin perbedaan nya tidak terlalu jauh, malah mungkin anda bisa menghemat banyak.perjalanan darat dari jakarta menuju bali di butuhkan waktu 30-35 jam.berikut itinerary perjalanan saya;
  • saya berangkat dari stasiun senen jakarta pukul 12.20 dengan tiket yang saya sudah beli 3 hari sebelumnya harga tiket 33.500rb untuk kereta 3rd class
#tips = pastikan anda sudah booking tiket jauh hari , 7 hari sebelum hari keberangkatan tiket 3rd class sudah di jual di station senen maupun station kota. hal ini untuk menghindari penuhnya penumpang mengingat kereta ini merupakan mass transportasi yang murah namun bisa melintasi 3 provinsi sekaligus.pastikan anda meminta untuk dapat no tempat duduk yang saling berhadapan jika anda jalan dengan kelompok, namun jika anda solo traveller pastikan anda meminta tempat duduk yang dekat dengan jendela.ini akan membuat perjalanan anda nyaman dan aman karena sepanjang perjalanan akan banyak orang dan pedagang bersliweran yang mungkin akan jadi sedikit tidak nyaman jika anda di duduk di dekat lorong, selain itu duduk di dekat jendela adalah the best view yang tidak boleh di lewatkan.

• tiket kereta akan menuju stasion Gubeng di jawa timur, namun anda tidak perlu turun di Gubeng melainkan cukup di stasion Wonokromo,yaitu satu station sebelum station Gubeng. saya sampai sini jam 5 pagi, kemudian keluar dari station, anda akan di hadapkan pada mall "Darmo Trade Center", langsung stop angkot izuzu elf menuju Terminal Bungur Asih seharga 5 ribu , sesampainya di depan terminal anda tidak perlu masuk ke dalam terminal karena anda akan di kenakan peron seharga 2 ribu. anda hanya perlu menyebrang dan stop bus dari pintu keluar terminal, nanti di sini banyak petuas yang menawarkan tiket busnya dengan harga yang sesuai dengan tarif, tiket untuk ke ketapang adalah seharga Rp 38.000. Murah bukan!!
#pastikan anda tidak keluar station sendirian sewaktu anda sampai di station wonokromo karena di sini banyak pemalak yang usil jika melihat pelancong jalan sendirian,apalagi bergelagat seperti orang baru, jadi carilah kelompok jika anda solo traveller. temen saya dari bandung kita janjian ketemuan di station ini, karena dia datangnya duluan yaitu jam 2 pagi, dan dia nekat jalan jalan sendirian, kemudian dia di palak tanpa basa basi dan dia harus mengikhlaskan 50 ribunya melayang...*kacian :(
namun jangan urung setelah membaca cerita saya ini karena hal itu tidak akan terjadi menerapkan tips saya di atas.
# anda tetap bisa menuju ke bali mengunakan kereta dengan tiket seharga 150 ribu yang berangkat sehari sekali tiap jam 9 pagi, kereta ini adalah 1st class, jadi setelah anda sampai station Banyuwangi anda akan langsung di oper oleh bus damri yang sudah termasuk dr harga tiket kereta yag anda bayarkan di awal.atau jika  anda ingin melanjutkan ke banyuwangi dengan kereta 2nd class seharga 90rb yang berangkat pada jam 2 siang. namun anda tetap harus memikirkan transportasi selanjutnya setelah sampai banyuwangi.
  • well setelah anda hampir sampai ke ketapang, mungkin anda akan di tawari untuk tiket langsung ke bali seharga 45rb oleh kondekturnya. waktu itu karena saya tawar,saya dapat potongan harga senilai 5 rb jadi saya hanya cukup membayar 40rb saja (termasuk harga tiket nyebrang ferry) ..hehhe...lumayaaan..di sepanjang perjalan darat menggunakan bus,kita di suguhi view kota kota di jawa timur,anda bisa melihat tanggul lumpur lapindo,fatamorgana Pegunungan, sumber pembangkit listrik raksasa paiton,hutan dengan jalanan yang berkelok kelok.waktu saya lewat di sana ketika  aktifitas "gunung bromo batuk" jadi sepanjang perjalanan di probolinggo semuanya seperti tertutup abu vulkanik yang sekilas seperti salju putih.semua view terlihat jelas karena sepanjang perjalanan,kita menggunakan bus yang jendelanya lebar sampai ke bawah pinggang.

#anda bisa menolak tawaran kondektur dan menyebrang sendiri, harga tiket ferry aalah 7 rb , naik bus ke denpasar(ibu kota bali) berkisar 30-35 rb dari gilimanuk(pelabuhan yang menghubungkan jawa bali).tapi jika anda turun di ketapang,anda tidak serta merta di turunkan di depan pintu pelabuhan melainkan di terminal ketapang , sehingga anda harus keluar kocek lagi untuk menuju pelabuhan.memang merepotkan memang, namun dengan cara ini lumayan cukup cepat karena seketika kita sudah beli tiket ferry kita isa langsung nyebrang, namun kalo kita beli tiket bus langsung ke bali dr ketapang kadang kadang busnya ngetem lama sampai 2-3 jam untuk menunggu penumpang penuh. tapi alhamdulillah waktu itu bus saya langsung naik bus ferry untuk langsung menuju bali..yihaaa..
#jika memungkin untuk di tawar, tawar saja...itu sudah budaya timur kok..hee
#mungkin di sepanjang perjalalanan di jawa timur anda akan di oper oper bus di setiap terminal, jadi jangan sampai ada barang anda yang ketinggalan sewaktu naik dan turun bus. pengalaman saya sleeping bag kenang kenangan dari teman terbaik saya terbawa bus karena saya lupa untuk menentengnya waktu ganti bus di ketapang..aaarrrgh!!
  • menyebrang di atas kapal ferry merupakan moment yang paling indah dalam sepanjang perjalanan,karena kita bisa merasakan silirnya angin selat bali dan indahnya memandangi kedua pulau (jawa dan bali) di atas perariran.anda harus mencobanya sendiri! waktu yang di tempuh untuk mencapai daratan bali sekitar 30-45 menit.di dalam ferry juga terdapat soffa2 yang di tata sedemikian rupa seperti serasa dalam cafee di jakarta..:) dan tentunya perpendingin ruangan. setelah ferry bersauh di gilimanuk, kita sudah menapakkan kaki kita di tanah bali, kemudian melewati pemeriksaan ktp (hal ini sedang di galakan setelah meledaknya 2 bom yang sangat menggoncang bali, indonesia dan dunia)
  • perjalanan darat dr gilimanuk menuju denpasar di tempuh dengan waktu 4-5 jam , sepanjangn perjalanan kita bisa melihat pura pura di pojok rumah, beberapa masjid yang besar, pohon yang rindang, dan tepian pantai yang di pagari dengan pohon kelapa.sooooo memorable!