Rabu, 09 Februari 2011

Transportasi di bali

Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara astronomis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur yang membuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain. itulah pengertian menurut wikipedia, dan sebenarnya itu agak kurang nyambung dengan judul entri saya kali ini, namun marilah kita korelasikan keduanya...:)

Bagi anda yang sedang merencanakan liburan ke bali, perlu di perhitungkan moda transportasi apa yang akan di gunakan di sini.di bali.

  • bemo (angkot)

orang bali menyebut angkot adalah bemo, berbeda dengan bemo di jakarta yang beroda tiga atau seperti di india, bemo di bali memakai izuzu elf sebagai armadanya.jkadi jangan bingung waktu anda di sarankan untuk naik bemo,tapi ternyata izuzu elf yang anda harus naiki.dan bemo ini hanya melayani bebrapa trayek terbatas dan armadanya juga terbatas.seperti tegal(bukan kota tegal di jawa namun salah satu nama terminal kecil di bali) ke kuta atau tegal ke nusa dua.karena minimnya armada itulah mengapa tarif angkot begitu mahal ketimbang di jawa. bahkan lebih mahal ketimbang jakarta! misalnya di jakarta jauh dekat 2rb saja dengan kopaja,atau 3,5rb bisa naik busway yang ber-ac,namun di bali per trip di kenai tarif 5 ribu.apalagi jika si sopir tahu anda sebagai traveller (nonbalinese),kadang harganya bisa di mark up samapi 10 ribu!! arrgggh soo diskrimination!! :( . kadang kadang si sopir tahu dari cara anda berbicara dan berpakaian. suatu ketika saya berdampingan di angkot dengan ibu ibu balinese yang baru pulang dari sembayang di pura, saya menanyakan tentang tarif standart naik angkot ini, kemudian mereka bilang harganya adalah 5 ribu.*sepertinya ibu ibu itu juga tau kami adalah traveller jadi seperti sudah membudaya bahwa harga pelancong lebih mahal ketimbang penduduk asli, namun ketika kami mau turun, ada ibu satu yang baik hati membisiki saya untuk cukup di kasih 3 ribu saja untuk si sopir.daan ternyata si sopir itu tidak meminta lagi..heheh..lumayan bisa save 2 ribu. saya sempat berbincang dengan ibu itu , kenapa harga pelancong bisa lebih mahal bu? dan beliau bilang "iya mas, biasaa orang bali kan suka uang"..

#tips; memang tidak ada standart tarif yang berlaku di angkot bali, namun anda cukup beri uang 3 ribu sekali trip.walau kadang kala si sopir merengek minta tambah lagi.kasih saja sesuai dengan standart atas 5 ribu.
  •  sewa motor 

bali memang lebih luas dari singapore atau kota jakarta,namun tidak begitu halnya dengan layanan transportasi di sini.namun karena hampir semua destinasi wisata di bali terpusat di daerah timur bali(kuta,sanur,nusa dua,) maka sepeda motor adalah pilihan terbaik untuk mengeksplore bali lebih leluasa dan lebih ngirit kantong.sepeda motor juga menjadi pilihan utama para bule bule, maka nga heran kalo waktu anda bersepeda motor di jalan sisi samping anda adalah bule bule yang telanjang dada,dan mengikatkan surfing boardnya di motor.namun porsi badan mereka yang tinggi besar dengan sepeda motor bebek yang sebenarnya untuk porsi orang asia, jadi mereka kelihatan lucu bin aneh..wkwkwk
harga untuk menyewa motor bervariasi namun harga paling mahal untuk sepeda motor matic seperti vario
adalah 50ribu per harinya(24 jam).anda cukup ninggalin ktp dah beres,anda bisa jalan jalan kelling bali.fasilitas yang anda dapatkan adalah helm untuk 2 orang dan tentunya STNK kendaraan.berkendara sepeda motor di bali menurut saya sangat menyenangkan, apalagi jika anda menyusuri wilayah selatan utara barat(ubud , tanah lot, kintamani,bedugul,padang bay,pantai lovina) bali, karena di sepanjang perjalanan masih banyak hamparan sawah yang cukup menyejukan mata..:).dan arah penunjuk jalan di bali cukup informatif.

#tips; 1.anda berencana sewa motor di bali?pastikan sim selalu di kantongan anda dan selalu anda bawa waktu berkendara(di sini banyak pak polisi seperti di jakarta),perhatikan rambu2 lalu lintasnya,kadang kalau lagi ada upacara adat banyak jalan jalan yang di tutup,jadi pastikan anda tanya orang lokal dan tidak tersesat.dan jangan lupa pakai helm ya (pesanya giring niji iklan honda..:p)

#tips ; 2. anda tetap di perbolehkan menawar untuk dapatkan potongan harga (biasanya kalo low season harga lebih murah) untuk daerah kuta terdapat banyak penyewaan motor di pinggir jalan,dan harga paling murah disini setelah di tawar adalah 40 ribu.jika anda nyewa motor di daerah ubung(denpasar) harganya lebih murah, paling murah adalah 25 ribu.untuk nada yang long holiday di bali bisa sewa motor bulanan seharga 400-600rb perbulan seperti para bule bule yang bisa sampai 2 bulan mereka di bali.atau anda juga bisa booking motor sebelum anda sampai di bali
http://www.motorbali.com/
http://www.sewamotorbali.com
www.baliwebby.com

 #tips ; 3.pastikan anda bawa sun cream atau jacket selama berkendara, secara di bali cuacnya puaanaas! jangan sampai kulit mengelupas sepulang dari bali :(. namun anehnya para turis kulit putih baik laki maupun perempuan lebih suka telanjang *mereka memang suka cuaca panas, soale di negara mereka nga da..:)

#tips ; 4.pastikan map bali di pocket anda,biar nga kesasar sasar di bali, anda bisa mendapatkannya gratis waktu anda boarding di airport.
  • sewa mobil

untuk anda yang group traveller 4 orang atau lebih,belum pernah tau sama sekali tentang bali dan ingin mengeksplore ke tempat yang cukup jauh seperti ubud, sangeh,kintamani,bedugul.ada baiknya untuk menyewa mobil, jadi di sepanjang perjalanan anda bisa duduk manis,denger music di ipod,sambil lihat undakan terace sawah yang cantik,atau kalo melewati sungai, mungkin anda bisa lihat pemandangan orang bali asli yang masih mandi di sungai hingga sekarang..ahahaay...
harga sewa mobil bervariasi dari 125(katana kapasitas 4 orang) sampai 700rbuan(innova kapasitas 7 orang). perhitungkan juga anda mau pakai sopir atau tidak,cost bensinnya, makan sopir , parkir mobil dll

#tips ;1 ada baiknya anda booking mobil sebelum anda boarding di airport, sesampainya anda sampai di airport ngurah ray, mobil sudah siap di gunakan untuk mengantar ke hotel dan berkelana..:) jadi tidak keluar cost untuk taksi lagi.anda bisa booking di
www.igesbalicarrental.com
http://www.rentalmobilbali.com/
http://www.dewatacarrental.com/

  • taksi
 harga taksi di bali sama dengan di jakarta, harga buka pintu 5000 dan seterusnya 4500 perkilo meter.taksi yang lumayan bercitra bagus selalin blue bird adalah taksi bali *langganan saya.taksi bali lebih bagus pelayanannya mulai dari kecepannya kalo kita panggil taksi by phone, dan mbawa mobilnya yang nyaman.

tips : 1.pastikan anda naik taksi yang berargo, kebanyakan taksi di bali pakai argo, namun kalo dah jam 12 malam kita harus tawar menawar (capee dee) dan tentunya taksi nonargo jatuhnya lebih mahal ketimbang pake argo.waktu itu kami menghabiskan malam tahun baru di kuta dan hendak pulang ke ubung(denpasar) karena waktu itu jam 2 malam, mereka mematok harga 150rb (padahal klo harga argo 60rb)

#tips ; 2.jika anda baru boarding di airport, lebih murah untuk beli tiket taksi dari loket pemesanan biasanya mereka mematok harga yag fix sesuai tujuan, misalnya dari airport ke kuta cukup 55rb aja.

#tips : 3.untuk anda yang berlima atau lebih, tersedia juga minivan taksi (memakai suzuki apv).pastikan untuk menjalankan argonya sebelum anda jalan.

  • motor taxi
ada hal yang sangat unik menurut saya ,ternyata orang bali cukup kreatif juga.dengan memasang penghalau angin di stank motor, dan di tulisan "taxi motor" beserta no hape yang bisa di hubungi..hahaha..sooo unique!
namun harga taxi ini hampir sama dengan taxi "beneran" jadi saya tidak merekomendasikan yang satu ini. naik taksi tapi  tetep aja kena masuk angin, itulah taksi motor..hahaha.saya pernah berbincang dengan sopir taxi motor di kuta. mereka sering melayani antar tamu bule bule, padahal hanya sekitar kuta saja (dari atau hotel ke diskotek) harganya fix 50-60 rb...dan pendapatan mereka bisa sampai 400rb permalam saja!! woow
tertarik jadi sopir taxi motor??? hahaha



3 komentar:

  1. Menarik Dan Informatif Postingannya, Tips Yang Bagus Buat Referensi Traveler yang Berencana Berlibur Ke Bali. Salam Kenal Gan Ya, Mau Numpang Share Juga neh. Mau Promoin Rental Mobil Murah Di Bali Saya. Soalnya Ga di Cantumkan Rental Mobil Saya Di Daftar Rental Mobil Yang bisa Di Hubungi Diatas hehehe. Jika Ada Yang berminat Silahkan Kontak Saya Di AGP SEWA MOBIL MURAH DI KUTA LEGIAN SEMINYAK BALI Semoga Info Ini Membantu

    BalasHapus
  2. terimakasih untuk adding commentnya, sdmoga banyak langgananya...

    BalasHapus
  3. Hello Traveler...
    Anda ingin wisata ke Pulau Bali tapi khawatir biaya mahal?
    Jangan khawatir, sekarang anda bisa menikmati wisata kemanapun tujuan anda :
    - GWK
    - Uluwatu
    - Bedugul
    - Pantai Dreamland
    - Pantai Pandawa
    - Ubud
    - Monkey Forest
    - dll.
    Sebutkan tujuan anda & saya akan berikan tarif yang sangat terjangkau.
    Harga mulai Rp.50.000 & sangat flexible jika mengambil paket ke beberapa obyek wisata (based on budget)
    Melayani juga ojek reguler :
    - Antar jemput Bandara Ngurah Rai / Pelabuhan Padang Bai / Terminal Ubung / Mengwi
    - Antar jemput Hotel / Cari Kost
    - Antar jemput Kerja / Kuliah
    - Antar Shopping
    - dll.

    See you in Bali & happy holiday..
    www.transportojekbali.blogspot.com

    BalasHapus