Jumat, 11 Maret 2011

lembongan & ceningan island part 1

yes, akhirnya sampai juga kakiku menginjakkan pulau lembongan,  pula kecil yang di apit nusa penida dan bali.saya mengawali perjalanan ini dari sanur beach, untuk naik jukung(boat) menuju lembongan, saya harus membayar 25 ribu untuk sampai ke mushroom beach lembongan, sebenarnya jika kita mau langsung bersandar di tempat yang langsung banyak penginapan murah, kita bisa langsung naik jukung yang menuju junggut batu harbour, tapi untung nya saya sudah kontak dengan pihak hotel jadi saya langsung di jemput dari mushroom beach! lumayaan nga usah ngojek..hahaha...secara kalo ngojek dari mushroom beach menuju junggut batu sekitar 20 ribu , namun bisa di tawar hingga 15 rb.bli (sebutan buat orang bali) aldi adalah orang yang baik, dan dialah yang menjemput saya sampai ke hotel, teman teman kalo mau kontak dia ini saya kasih nomor telpnya 081916241981. tempat menginap saya kali ini adalah wahyu hotel, ratenya lumayan affordable untuk kamar yang lega, tempat tidur king size yang nyaman, serta kamar mandi yang luas, sudah pakai closed duduk and shower loh,fan juga ada namun exclude breakfast.harganya berkisar 100,200,hingga 300 ribu. dan tentu saya ambil yang paling murah..hahah..oia, ternyata ada restorant dan kolam renangnya juga loh dan deket pantai lagi !! wah boleh juga tu buat pilihan honeymoon para kawula muda..ckckck
ready for boating
perjalanan dari sanur menuju lembongan sekira 1,5 jam dan pastikan anda tidak memakai celana panjang karena harbour di sini harus nyemplung ke pantai dulu untuk naik ke boatnya, so pasti kalo anda memakai celana panjang pasti bakal basaaah..ya iyalaah..ckckck.begitu juga jika anda sampai di lembongan, pelabuhannya sama dengan di sanur.sepanjang perjalanan di temani gelombang laut yang cukup tenang, tapi kadang cukup menegangkan juga..hoho..seru dah ah...
OTC (on the ocean)

kalo mau muter muter kayak gasing di pulau ini, bakal tidak ditemukan taksi, tapi semua memakai sepeda motor atau sepeda owes.sewanya cukup murah kok, untuk motor seharga 50 ribu dah full tank, atau mau ngowes 25 ribu perhari.namun karena track jalan di lembongan naik turunn dan nga semulus di bali, saya sarankan nyewa motor ajee dew..
lucunya semua motor disini nga pake plat nomor, jadi suka suka mau di kasih tulisan apa aja,lucunya karena saya nyewa motor di bli aldi, mangkanya plat nomornya di tulis "ALDI" hahahaha, tidak perlu pakai sim, tidak perlu pakai helm, tapi jalannya tetep pake bensin hag hag . dan klo mau isi bensin, harga bensin disini sebotol aqua 1,5 liter seharga 15 ribu..muahaal!!, ya iya lah..secara semua produk di sini di import dari bali gituuu..wakakakaka.
motor bli aldi neh

wookeh, karena dari sekian banyak permintaan yang menyuruhku untuk menyambangi dream beach, so my first destination is DREAM BEACH!!perjalanan menukik, menikung membelah hutan,kurang lebih 15 menit akhirnya sampai juga saya di dream beach, pasirnya putih tih..ombaknya bueeesar!! jadi hanya bagus untuk di pandangi saja, karena klo nyebur berrrbahaya..di samping dream beach ini ada cafe, yang pas banget buat menikmati desiran ombaknya, namun saya nga tau ratenya karena saya belum coba, namun kabar baiknya kalo kita datang dari jam 4 sampai jam 6 beli coktail satu dapat duah...*mbaca promonya ajah..jiahahaha
sebelah kanan dream beach kurang lebih 5 menit/ bahkan nga sampai, kita di suguhi lagi yang namanya devil tears, hati hati bawa motornya untuk sampai ke sini karena jalannya masih tanah, dan rebutan sama sapi , jadi becek...nga ADA OJEK..weleh weleh..
dream beach and dream boy

yup! devil tears, dari namanya aj adah nyeremin ya? masak tangisan setan, tapi begitulah kiranya, hantaman ombak samudra yang kueras menerjang bebatuan karang yang kokoh dan berongga, kemudian waktu airnya di hembuskan keluar timbullah suara yang memekikan, dan desiran airnya menjulan tinggi , hingga semacam ujan lokal aja gitu ..dan pesona alamnya sunguh menawan hati, wah pokoknya kalo datang sama pasangan, di jamin tears dueh...*lebay tingkat tinggi..
tangisan setan

well next destination is ceningan island, di mana kita harus nyebrang lewat yellow brige,namun lembongan itu semacam kita lagi maen adventure game di PS 2 gitu yang ngambil lokasinya di pulau tak bertuan gitu deh, kadang kadang kita wrong way, tapi ujung ujugnnya, kita tetep di suguhi pemandangan eksotis! jalananya dari medan aspal halus kayak mulusnya kulit dian satro wardoyo, hingga, kasar kayak kulit mu..eh salah kayak kulit badak..*ah masak kulit badak kasar sih? hahe, sampai jalanan yang masih berupa tanah komplit dengan kubangan airnya yang bikin roda motor muterrr kasak gasing tapi nga jalan jalan, semuanya ada di lembongan isaland dan bonus suasanan hutan dan gurun yang kayak film india pas nyanyi nyanyi gitu..wuahahahaha.itualh yang bikin edventure kita hidup di pulau kecil ini, beruntung saya jalan dengan adek gw yang notabene anak motor ,, jadi dah menguasai medan jalan model apapun..apalagi model sastro wardoyo...halah..
well, akhirnya kita sampai juga di yellow brige, jembatan ini menghubungkan lembongan dan ceningan island.jembatan yang kalo yang di lewati motor suaranya gemuruh plus gemerisik alias menyeramkan itu, sekilas kayak jembatan freedom brige di amerika * ah masa..hahaha. bo'ong ding gw, tapi cukup romantis kok, buktinya gw sempet ambil fotonya di sini....cape deee..
yellow bridge with yellow pants

dari yellow brige saya ambil kiri menuju bias tugel harbour, di sini airnya tuenaaang sekali, di sini merupakan tempat para petani rumput laut.mayoritas penduduk sini budidaya rumput laut yang kemudian nanti di pasarkan keluar negeri seperti di taiwan, hongkong korea, dan masih banyak lagi yang lainyaaaa * hadeh kok jadi kayak lagunya roma irama..hahaha,mereka bisa memanen 1-hingga 2 ton sebulannya, dan musim murah begini harga rumput laut sekitar 2500 perkilo, jadi bayangkan penghasilan masyrakat di sini, minimal 2,5 juta perbulan ngenggem di tangan man!! canggih kan! mangkanya hamir rata rata semua masyarakat di sini, punya rumah gedong yang keren,motor yang terbaru,namun tetep baek baek, nyatanya waktu saya nawar untuk sewa perahu dayungnya, mereka kasih dengan harga yang cukup murah, itu juga karena ke piawaian saya dalam menawar sieh..hahaha. kita nyewa perahu dari fiber plus dayungnya muter muter di harbour ini  cuman 15 ribu,sepuasnya ampe lengan pegel pegel dueh, sebenernya saya tawar 10rb sieh, tapi saya kasih lebih 5 ribu lagi biar dia tambah meringis..hahaha masih punya hati juga ya gw..hohoho.saya dengan adek saya langsung siap bereaksi, ndayung perahunya ampe ke tengah trus saya beranikan untuk nyelempung di lautan, di antara hutan bakau dengan harbour, wooow, airnya tenaaang, jernih, saya senneeng karena saya bisa snorkling juga di sini, dengan peralatan yang sudah kami bawa sebelumnya.selain itu saya bisa ngapung di atas air sampe puaas.ah pung enak lai (orang alor bilang), kurang lebih saya habiskan waktu 2 jam di sini, berpetualang serasa di sungai amazon, yang kadang suka cemas takut takut nanti ada buaya atau anaconda yang kemudian melahap kita..aw awa aw hollywood banget gw..ckckck.dan setelah saya tanya, renang di sini ternyata paliiing aman, nga ada buaya, atau ular, yang ada juga buaya darat yang berular..jiahahahaha
ready for njebyur
membelah sungai amazon
ada buaya hutan bakau lagi mengambang, mengapung dan mengkangkang, buaya apakah itu??

next destination, saya pergi ke swallow house, bongkahan batu karang yang di jadikan sarang burung wallet,, menarik juga untuk di nikmati, sambil menghayal nari nari kayak film film bollywood di atas sarang burung walet ..ahahha *emang ada ya? ckckck . so next kita pergi ke secret beach, dari beach satu ke beach yang lain tu jaraknya sebenarnya nga jauh jauh, namun medan jalannya itu sungguh menegangkan, dan setiap beach ada villa atau restorannya, nga ada salahnya juga mencoba salah satu restorannya sambil menikmati desiran ombak atau lari lari kecil di atas pasir putih nya...its cool man!
swallow house

weel, di sini saya ketemu dengan italiano, namanya mr paulo, dia dari italia tentunya, sering datang ke bali namun baru pertama kali datang ke lembongan dan ceningan ini, dan dia bilang tempat ini pretty beautiful,, so natural,orang orangnya so calm, tidak seperti di legian atau kute sekarang yang sudah sangat crowded, dan banyak orang yang hanya busiiness dan bussiness.tepat ini mungkin gambaran bali 20 atau 25 tahun yang lalu..yeaaah..may be yes may no..whateverlah pokoke..ckck

setelah itu kita kembali ke lembongan lagi melewati yellow brige trus ke ujungnya pulau lembongan ini, untuk menikmati sunset sore itu, dan sedikit ngobrol bgobrol nanti mau naik kemana kalo tiba tiba ada ombak besar tsunami yanga  jumat siang tadi meluluh lantakan jepang,, dan kabarnya ombaknya sedang menuju ke indonesia..saya bilang saya akan naik ke pohon aja, tapi lihat sekekliling nga ada pohon tinggi selain pohon bakau yang kerdil kerdil kayak musuhnya si tuyul dan mbak yul,mangkanya trus saya bilang, ah saya mau naik perahu aja deh, jadi kayak surfer surfer gitu yang naik naik mengikuti gelombang.hahah, dan adek saya bilang ah saya pasarah aja..hahah..cape deee.
 setelah ngobrol yang nga jelas itu, saya langsung menuju ke tempat kenalan adek saya, karena tadi sewaktu adek saya turun dari jungkung di mintai bantuan oleh seorang ibu ibu yang kemudian mengundang ita untuk datang ke rumah dia,dia warga asli lembongan,namaya komang, kami memanggil dia mbok komang, ya dari silaturahmi itu, selain kita ada tambah teman, tenggorokan ini jadi terasa lebih lega dengan teh botol dingin yang di hidangannya..hahahaha....keren kan kita, baru pertama dah punya teman di sini. weel setelah itu kami pulang ke hotel, mandi mandi,masak air dengan teko listrik yang sudah kita bawa dari rumah, bikin mie dan oatmeal and susu kopi panas, aih sempurnanya liburanku kali ini..heheh. setelah badan wangi, solat sudah, perut kenyang, kemudian melenggang kita keluar kamar, trus menuju sisi kolam renang, sambil ngobrol dengan bebeerapa giude kami, dan sedikit memperhaitkan para bule bule muda gila yang sedang pesta minum..saya mah ngetik blog ini aja sambil menghirup bau kolam renang (bau kaporit..huahuahuau)

LEMBONGAN seng ade lawan! (bahasa bali untuk tidak ada lawan!)