Senin, 31 Januari 2011

mau cari akomodasi murah atau bahkan gratis? baca ini!

Couch Surfing


Couch Surfing LogoCouchsurfing adalah salah satu basis website jejaring pertemanan antara traveller, dengan konsep hospitality network, organisasi non profit ini menawarkan kemudahan untuk kamu-kamu yang ingin menjelajah ke daerah-daerah baik di tanah air ataupun di luar negeri. Hingga kini, jaringannya tercatat telah tersebar di 231 wilayah diseluruh dunia. United State dan Eropa merupakan area Couchsurfing yang paling terkenal.
Ide inspiratif ini berawal di tahun 2000 silam, saat seorang Casey Fenton berkesempatan pergi ke Iceland dari Boston dengan tiket murah yang didapatkannya. Alih-alih mendapatkan penginapan murah, ia malah mendapatkan akomodasi gratis serta komunitas pertemanan yang meluas, hal itu berkat email yang ia kirimkan ke 1500 mahasiswa University Of Iceland direspon dengan sangat baik, saat itu ia mengirimkan email untuk menanyakan apakah ia bisa menginap ditempat tinggal mereka, dan tak dinyana, setidaknya ada 50 email balasan yang dengan antusias menawarkan tempat tinggalnya untuk diinapi. Sekembalinya, ia memulai untuk mengembangkan ide tersebut, dengan bantuan Dan Hoffer, Sebastian Le Tuan, dan Leonardo Bassani De Silveira ide tersebut yang kemudian mendukung lahirnya Couchsurfing. Dan Hoffer, Sebastian Le Tuan, Leonardo Bassani De Silveira, tercatat sebagai pembantu utama yang meneruskan jejak sebagai Operator Couchsurfing.
Tujuan komunitas ala kopi darat ini menitik beratkan pada pemasilitaskan bagi para traveller, baik dalam membina hubungan persahabatan, menciptakan pertukaran yang bernilai  pendidikan, berbagi pengalaman, atau  membina toleransi antar sesama, dan menumbuh kembangkan pemahaman budaya antar daerah dan negara.
Misi Couchsurfing sebagai suatu organisasi adalah untuk menciptakan pengalaman inspirasi: pertemuan lintas-budaya yang menyenangkan, menarik, dan mencerahkan. Pengalaman ini menaungi banyak aspek, awalnya Couchsurfing terfokus pada kata Couch dan Surf,  intinya adalah sebuah kesempatan untuk menjamu dan dijamu di rumah para member yang terdapat diseluruh wilayah yang tercatat sebagai anggota Couchsurfing di seluruh dunia. Tidak hanya sebatas menjamu atau dijamu, organisasi ini kini berkembang lebih untuk memfasilitasi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan visi misi mereka didalamnya.
Untuk dapat menjadi bagian dalam situs jejaring ini, kamu harus meng-apply dan menjadi member terlebih dahulu. Dengan membuka website-nya di www.couchsurfing.org, sign up dan isi aplikasinya, tanpa memanipulasi identitas dan jawaban yang diajukan dalam situs ini. Kamu dipersilahkan se-kreatif mungkin dalam mengisi profil kamu disini, beberapa foto mengenai rumah dan perjalanan kamu dipercaya jadi pelengkap atas profil kamu. Ini berguna untuk meyakinkan para Couchsurfer untuk memilih kamu sebagai host-nya atau tamunya. Kamu juga boleh meyakinkan diri kamu untuk menjadi host atau tamu, dengan melihat keseluruhan referensi yang ia dapat dari member lainnya. Untuk aktif dalam situs ini, kamu bisa memilih opsi komunitas dengan berbagai macam group, pilih grup yang sesuai dengan minat kamu, dan untuk lebih aktif, kamu bisa bergabung dengan grup daerah kamu. Agar kemudian terjalin mediasi yang lebih membawa kamu ke dalam organisasi ini.
Situs yang bukan hanya berwujud virtual ini dijalankan sebagai organisasi nirlaba, yang kesemua pendanaannya berasal dari para member, dan didedikasikan untuk kalangan global. Hingga kini, tujuan Couchsurfing tidak tertuju pada segi materi, layanan ini bebas dijamah berbagai kalangan. Para Couchsurfer biasanya memiliki tradisi memberikan bingkisan kecil atau sekedar mentraktir makan sebagai ucapan terimakasih, tetapi tradisi ini tidak bersifat mengikat, alias seikhlasnya aja. :)
Menjadi anggota aktif yang baik adalah salah satu cara mudah berkontribusi dalam organisasi ini. Terdapat beberapa opsi lain untuk berkontribusi dalam organisasi ini, member dapat mendonasikan sejumlah uang ( US$24) untuk mendapatkan diverifikasi keanggotaannya di situs ini, meski tak diharuskan, tetapi diverifikasi tersebut biasanya berguna sebagai salah satu bahan acuan untuk meyakinkan status keanggotaan para member kepada member lainnya. Atau jika kamu punya keahlian khusus yang dapat mengembangkan Couchsurfing, kamu dapat menjadi staf sukarelawan dalam organisasi ini.
Selain mengizinkan atau menolak, setiap member juga memiliki hak untuk tidak memilih opsi “menyediakan tempat menginap”, sebagai gantinya kamu bisa memilih opsi Coffee and Drink, alias hangout bersama, atau bahkan menjadi pemandu dadakan ketika mereka berada di kota anda. Bagi host yang tidak memiliki waktu luang untuk menemani tamu-nya, juga berkesempatan untuk memberikan beberapa opsi petunjuk tentang kota tempat tinggalnya.
Lebih dari sekedar komunitas, Couchsurfing merupakan ruang mediasi buat semua kalangan untuk melihat dunia, melihat hal-hal baru yang akan memperkaya khazanah jiwa kamu, sebagai seorang individu yang berbangsa dan bertanah air. So, para travelholic, backpacker, flashpacker atau bahkan kamu yang sibuk bekerja dan gak sempet bertravelling ria,  cepet gabung di Couchsurfing, pengetahuan dan hal-hal baru telah menunggu didepan kamu :) promosiii mode.on Untuk info-info lebih lanjut, kamu dapat mengakses alamat web dibawah ini :
http://www.couchsurfing.org/about.html
http://wiki.couchsurfing.com/en/FAQ
http://wiki.couchsurfing.org/en/CS_Indonesia_Starter_Kit

dan jangan lupa untuk add saya "wira_one"

salam travelling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar